Media Belajar Anak Tuna Grahita
2 April 2019
Langkah penggunaan media
Gambar kegiatan keluargaku pada pagi hari
- Buka mediagambar keluarga pada pagi hari
- Guru memperlihatkan gambar kepada siswa
- Guru menarik kertas di bagian samping
- Paling atas untuk memunculkan piring
- Tengah untuk memunculkan sendok
- Paling bawah untuk memunculkan makanan
- Melalui gambar tersebut guru dapat memperkenalkan nama peralatan makan.
- Selain itu guru juga dapat melatih siswa menghitung jumlah peralatan makan yang ada.
Papan peralatan makan
- Siswa diperlihatkan papan peralatan makan yang terdiri dari sendok, garpu, piring, dan gelas
- Siswa secara aktif dengan bimbingan guru menempel satu per satu peralatan makan .
- Guru juga dapat meminta siswa benda tertentu untuk ditempel misalkan “ayo tempel sendok” ataupun benda lain.
- Selanjutnya siswa dengan bimbingan guru menghitung bersama gambar peralatan makan yang sudah ditempel.
Mozaik peralatan makan (piring)
- Siswa diperlihatkan gambar piring
- Guru memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mozaik.
- Siswa dengan dibimbing guru meratakan lem di atas gambar piring.
- Kemudian siswa dengan bimbingan guru menempel satu per satu jagung dan kacang hijau di atas gambar
- Biarkan siswa berekspresi sesuai keninginan.
Sumber :
Artikel Lainnya
“Surat Cinta” Guru ke Orangtua Murid
Ni Komang Sutarmi tak kuasa menahan rasa haru ketika membacakan sepucuk surat. Raut mukanya sedih. Suaranya lirih tak mampu lagi
Bersama-sama Wujudkan Mimpi
Semua orang memiliki mimpi. Tak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Orangtua dengan ABK juga memiliki mimpi. Ini terlihat pada kegiatan Workshop
Pentingnya Transformasi Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah
Nomor: 748/sipres/A6/XII/2023 Jakarta, 19 Desember 2023 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berkomitmen mewujudkan transformasi pendidikan, salah